Materi Komputer Akuntansi Perusahaan Manufaktur Kelas XII

Kegiatan Pembelajaran 1 Melakukan Setup Awal

 

 

















 

 



Diharapkan Guru Pembelajar dapat menyelesaikan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

1.    Membuat file data akuntansi yang baru.

2.    Menyusun daftar akun.

3.    Menyusun hubungan akun.

4.    Mengentri neraca awal pada akun buku besar

5.    Mengentri saldo-saldo pada kartu piutang/hutang

6.    Mengentri saldo-saldo pada kartu persediaan.

7.    Membuat job list departemen produksi.

Memeriksa kebenaran data akuntansi.

 


 

 

 

 

1.    Pembuatan file data akuntansi

MYOB merupakan salah satu program aplikasi komputer akuntansi yang berbasis Windows. Ada beberapa versi MYOB yang tersedia di masyarakat, tetapi versi yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah AccountRight Plus for Windows versi 19.6.1 yang dirilis oleh MYOB Australia. Pastikan bahwa program ini telah diinstal terlebih dahulu di komputer anda. Langkah awal sebelum mengoperasikan MYOB, adalah pengecekan bahwa simbol mata uang dan seting tanggal sudah sesuai dengan sistem Indonesia.

File data bisnis adalah file yang digunakan oleh MYOB untuk menyimpan seluruh data yang dientri ke komputer. Yang perlu dingat kembali adalah nama file tersebut harus unik (artinya tidak ada nama file yang sama sebelumnya), baik untuk file yang sudah eksis atau yang akan dibuat.

Data yang dibutuhkan pembuatan File Data baru adalah:

a.    Identitas perusahaan, meliputi : nama perusahaan, nomor registrasi, alamat perusahaan, nomor telepon, nomor fax dan alamat e-mail. Kolom yang wajib diisi adalah nama perusahaan, kolom yang lain boleh dikosongkan.

 

Gambar 1 2 Identitas perusahaan

b.    Periode akuntansi, yang meliputi: tahun periode berjalan, bulan akhir periode, bulan konversi , dan jumlah bulan dalam periode.


 

 

 

Gambar 1 3 Periode Akuntansi

c.    Teknik pembuatan daftar akun. Pada tahap ini akan digunakan cara yang kedua, yaitu mengimport daftar akun yang sudah dipersiapkan oleh perusahaan sebelumnya. Nama File dan Folder tempat penyimpanan file tersebut.Berikut contoh pemberian nama file dan folder.

 

Gambar 1 4 Penyimpanan file

2.    Menyusun daftar akun.

Program MYOB menyediakan tiga pilihan untuk pembuatan daftar akun:

a.    Memilih salah satu yang disediakan oleh MYOB

b.    Mengimport daftar akun

c.    Membuat atau mengetik daftar akun sendiri

 

Dalam pembelajaran kali ini akan dipraktekkan opsi (b) yaitu mengimport daftar akun. Untuk itu anda harus mempunyai file daftar akun dalam bentuk text file (tab delimeted) yang sudah tersimpan di komputer anda.


 

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengimport daftar akun adalah memilih menu File > Import Data > Account > Account Information dan field-field daftar akun harus mengikuti format dalam MYOB.

 

Gambar 1 5 Elemen daftar akun

3.    Menyusun hubungan akun.

Program MYOB secara default sudah membuat hubungan akun (linked accounts) untuk beberapa akun, Sebagai contoh akun Cheque Account akan berhubungan dengan Trade Debtors. Linked Account ini dapat diubah atau diset kembali jika diperlukan. Berikut ini seting Linked Account untuk transaksi Banking, Sales, Purchases dan Payroll.

a.   




Linked accounts untuk Banking

 

Gambar 1 6 Linked Accounts – Banking


 

 

b.   




Linked accounts untuk Sales

 

Gambar 1 7 Linked accounts - Sales

c.   




Linked accounts untuk Purchases

Gambar 1 8 Linked accounts - Purchases

d.   




Linked accounts untuk Payroll

Gambar 1 9 Linked accounts - Payrolls


 

 

4.    Mengentri neraca awal pada akun buku besar

Entri neraca awal pada akun buku besar dilakukan pada saat konversi ke sistem baru. Jika bulan konversi sama dengan bulan awal periode akuntansi maka hanya bisa dientri saldo-saldo dari akun-akun neraca. Apabila bulan konversi tidak sama dengan bulan awal periode akuntansi maka bisa dientri saldo-saldo dari akun neraca dan akun laba-rugi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam entri saldo awal akun buku besar:

a.      Melalui menu Setup > Balances > Account Opening Balances.

b.      Jika nilai akun Historical Balancing = 0, ini berarti bahwa total akun- akun assets seimbang dengan total akun-akun Liability dan Equity. Jika nilai akun Historical Balancing 0, ini berarti bahwa telah terjadi ketidak-seimbangan antara total assets dengan total Liability dan Equity.

c.      Akun-akun kontra dientri dengan tanda ”–” (minus). Yang termasuk akun kontra: Allowance for Doubtful Debts, Fixed Assets Accumulation Depresiation, Owner’s Drawing, Other Contra Account.

 

Gambar 1 10 Daftar Saldo - Neraca Awal


 

 

5.    Mengentri saldo-saldo pada kartu piutang/hutang

Kartu piutang berisi informasi tentang customer, meliputi identitas, history dan data lain. Kartu piutang ini berfungsi sebagai buku pembantu tempat mencatat mutasi (penambahan, pengurangan dan saldo) piutang dagang sebagai akibat dari transaksi penjualan atau pelunasan piutang.Berikut contoh kartu piutang atau customer card dan cara pengisian saldo awalnya.

 




Gambar 1 11 Profile – Kartu Piutang

 

Gambar 1 12 Entri Saldo – Kartu Piutang

 

 

Sedangkan kartu hutang berisi informasi tentang supplier, meliputi identitas, history, dan juga data lainnya. Kartu utang ini berfungsi sebagai buku pembantu tempat mencatat mutasi (penambahan dan pengurangan) utang sebagai akibat dari transaksi pembelian atau pembayaran utang.


 

 

Berikut contoh kartu hutang atau supplier card dan cara pengisian saldo awalnya.

 

Gambar 1 13 Profile – Kartu Hutang

 




 

Gambar 1 14 Entri Saldo – Kartu Hutang

 

 

6.    Mengentri saldo-saldo pada kartu persediaan.

Kartu item persediaan berfungsi sebagai buku pembantu pada akun persediaan, yaitu tempat pencatatan saldo awal dan keluar masuknya setiap item persediaan. Kartu persedian ini amat penting bagi perusahaan manufaktur yang mempunyai berbagai jenis item persediaan, seperti bahan baku/bahan penolong dan barang jadi. Dalam pembuatan kartu item persediaan untuk kelompok bahan baku atau bahan penolong akan ditentukan item tersebut akan dibeli, di dibuat persediaan tetapi tidak


 

 

untuk dijual. Sedangkan untuk kelompok barang jadi ditentukan item tersebut tidak akan dibeli, dibuat inventorinya dan akan dijual.

Gambar berikut ini akan memperlihatkan seting untuk item persediaan bahan baku/penolong:

 

Gambar 1 15 Profile – Kartu Persediaan Bahan Baku

Gambar berikut ini akan memperlihatkan seting untuk item persediaan untuk kelompok barang Jadi:

 

Gambar 1 16 Profile – Kartu Persediaan Barang Jadi

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan kartu item persediaan bahwa satu kartu untuk mencatat satu item persediaan dan linked- accounts harus diset secara benar agar dapat diproses secara tepat.

MYOB menyediakan menu Command Centre Inventory > Adjust Inventory yang digunakan untuk mengentri saldo setiap item persediaan.


 

 

 

Gambar 1 17 Entri Saldo – Kartu Persediaan

7.    Membuat job list departemen produksi.

Proses produksi pada perusahaan manufaktur pada umumnya berjalan melewati beberapa departemen (lebih dari satu). MYOB menyediakan menu Lists > Jobs untuk pembuatan departemen. Pertama Saudara buat Header untuk Jobs dan kemudian lengkapi Details untuk tiap Jobs.

 




Gambar 1 18 Header - Departemen

Gambar 1 19 Details – Departemen


 

 

8.    Memeriksa kebenaran data akuntansi.

Program MYOB menyediakan menu Command Centre Accounts>Company Data Auditor yang dapat memeriksa secara otomatis kebenaran data yang telah dientri ke dalam komputer.Saudara pilih Transaction Review dan klik Run Review untuk pengecekan data yang telah dientri.

 

Gambar 1 20 Company Data Auditor Hasilnya akan diinformasikan seperti dalam gambar berikut:

 

Gambar 1 21 Run Transaction Review


 

 

 

 

 

Dalam aktivitas pembelajaran ini Saudara diminta memahami lebih dahulu kasus CV. Jayadwipa di Lampiran 1, kemudian dengan membaca bahan rujukan atau literatur yang relevan, Saudara di minta menyelesaikan aktivitas-aktivitas berikut:

Aktivitas 1.1. Membuat file data akuntansi.

                membuat file data akuntansi.

                memberi nama file dan folder

 

Aktivitas 1.2. Mengimpor daftar akun.

                    mengimpordaftar akun.

                    menata daftar akun

 

Aktivitas 1.3. Menyusun hubungan akun (linked accounts).

                      menyusun hubungan akun untuk banking

                      menyusun hubungan akun untuk sales

                      menyusun hubungan akun untuk purchases

                      menyusun hubungan akun untuk payroll

 

Aktivitas 1.4. Mengentri Data Neraca Awal pada Akun Buku Besar

1.4.1.       mengentri data neraca awal pada akun buku besar.

 

Aktivitas 1.5. Mengentri saldo-saldo pada kartu piutang/hutang

                      membuat kartu piutang/hutang.

                      mengentri saldo-saldo kartu piutang/hutang

 

Aktivitas 1.6. Mengentri saldo-saldo pada kartu persediaan.

                      membuat kartu persediaan.

                      mengentri saldo-saldo kartu persediaan

 

Aktivitas 1.7.Membuat Job List Departemen produksi.

1.7.1.       membuat job list departmen produksi.

 

Aktivitas 1.8. Memeriksa kebenaran data akuntansi

1.8.1.       memeriksa kebenaran data akuntansi


 

 

Soal Pilihan Ganda.

1.    Kolom informasi perusahaan yang harus diisi (tidak boleh kosong)

 

adalah ….

a.      Serial Number

b.      Company Name

c.      Address

d.      Phone and fax number

2.    Yang dimaksud dengan Conversion Month adalah ….

 

a.    Bulan saat terjadinya penutupan buku

b.    Bulan saat perpindahan ke komputer akuntansi

c.    Bulan awal periode akuntansi yang berjalan

d.    Bulan pergantian periode akuntansi

3.    Tipe file daftar akun berikut ini yang bisa bisa dimport adalah ….

 

a.    Daftar_Akun_CVJdwipa.xls

b.    Daftar_Akun_CVJdwipa.doc

c.    Daftar_Akun_CVJdwipa.txt

d.    Daftar_Akun_CVJdwipa.jpg

4.    Pada seting Linked account untuk Sales, dipertanyakan dua hal, (1) Asset account for tracking receivable: ….. dan Bank Account for Customer Receipts: ….. Jawaban yang akan Saudara isikan sesuai dengan urutannya adalah ….

a.    Kas di Bank dan Piutang Dagang.

b.    Kas di Bank dan Penjualan.

c.    Piutang Dagang dan Kas di Bank

d.    Penjualan dan Kas di Bank

5.    Yang termasuk dalam kelompok akun kontra di bawah ini adalah ….

 

a.    Kerugian Piutang Tidak Tertagih.

b.    Depresiasi Mesin Pabrik

c.    Cadangan kerugian Piutang

d.    Selisih Kas


 

 

6.    Dalam tab Selling Details padaKartu Piutang terdapat kolom Income Account, pilih akun mana yang paling cocok untuk diisikan di kolom tersebut:

a.    Piutang Dagang

b.    Persediaan Barang

c.    Penjualan

d.    Kas di Bank

7.    Saudara akan mengentri term of payment 2/10, n/30 dalam tab Buying Details pada Kartu Hutang. Maka pilihan format term of payment yang paling cocok untuk kasus di atas adalah

a.    # of Days after EOM.

b.    On a Day of the month.

c.    Day of the month ofter EOM.

d.    In a Given # of Days.

8.    Dalam profile Kartu Persediaan (Inventory Card) terdapat tiga kriteria penting untuk setiap item persediaan yaitu (1). I Buy This Item; (2). Isell This Item dan (3). I Inventory This Item. Kriteria manakah yang akan Saudara ini untuk item persediaan Bahan Baku

a.    Kriteria (1).

b.    Kriteria (1), (2).

c.    Kriteria (1), (3).

d. Kriteria (1), (2), (3).

9.    Fitur MYOB yang manakah yang dapat digunakan untuk mengentri Kode dan Nama Departemen

a.    File > Activities

b.    File > Jobs.

c.    Lists > Activities.

d.    Lists > Jobs.

10.  Pengecekan kebenaran entri data awal pada MYOB dapat dilakukan dengan memilih menu Command Centre Accounts > Company Data Auditor dan satu pilihan menu lagi yaitu ….

a.    Company File Overview

b.    Account Reconciliation

c.    Transaction Review

d.    Tax Exception Review


 

 

 

 

 

 

Komputer Akuntansi adalah suatu proses pemanfaatanteknologi komputer untuk mengerjakan segala pekerjaanyang berkaitan dengan akuntansi dan didukung oleh perkembangan software yang mempermudah dan mempercepat proses tersebut. Salah satu software komputer akuntansi yang populer dan banyak digunakan oleh perusahaan adalah MYOB AccountRight Plus v19.

Terdapat serangkaian prosedur yang diperlukan untuk men-setup data awal ke dalam sistem komputer akuntansi. Langkah pertama setelah menginstall program dan menyesuaikan sistem regional adalah pembuatan file data akuntansi baru.File in sangat diperlukan untuk menyimpan seluruh data yang dientri ke dalam komputer. Selanjutnya menyusun daftar akun dan menyesuaikan kembali hubungan antar akun (linked accounts) yang terkait dengan transaksi banking, sales, purchases dan payrolls.

Kegiatan berikutnya yang perlu dilaksanakan adalah mengentri saldo-saldo akun yang didasarkan pada data neraca awal. Kemudian mengentri saldo- saldo kartu piutang, kartu hutang dan kartu persediaan. Karena yang sedang dipelajari akuntansi perusahaan manufaktur, maka dalam pembuatan kartu persediaan perlu diperhatikan pembuatan kartu dan pengisian saldo-saldo untuk bahan baku, bahan penolong dan barang jadi. Dalam proses produksi, barang dalam proses akan berjalan dari departemen satu ke departemen berikutnya. Maka perlu diperhatikan pembuatan kode dan nama departemen menggunakan fitur-fitur yang ada dalam program MYOB. Terakhir MYOB juga menyediakan fitur Company Data Auditor untuk mengecek kebenaran data yang telah diinput ke dalam sistem komputer akuntansi.


 

 

Text Box: G. Text Box: Umpan Balik dan Tindak Lanjut

 

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1

Pemahaman apa yang Saudara peroleh

setelah mempelajari pada kegiatan belajar 1, tentang Melakukan Setup Awal?

 

2

Hal penting    apa yang bisa Saudara catat

setelah mempelajari materi pembelajaran 1, tentang Melakukan Setup Awal?

 

3

Rencana tindak lanjut apakah yang akan Saudara lakukan di sekolah?

 

4

Pesan penting apa yang Saudara rekomendasikan untuk pengembangan kegiatan pembelajaran 1.

 


Kegiatan Pembelajaran 1 Melakukan Setup Awal

 

 




 

 




 


 

 

 

 

1.    Pembuatan file data akuntansi

MYOB merupakan salah satu program aplikasi komputer akuntansi yang berbasis Windows. Ada beberapa versi MYOB yang tersedia di masyarakat, tetapi versi yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah AccountRight Plus for Windows versi 19.6.1 yang dirilis oleh MYOB Australia. Pastikan bahwa program ini telah diinstal terlebih dahulu di komputer anda. Langkah awal sebelum mengoperasikan MYOB, adalah pengecekan bahwa simbol mata uang dan seting tanggal sudah sesuai dengan sistem Indonesia.

File data bisnis adalah file yang digunakan oleh MYOB untuk menyimpan seluruh data yang dientri ke komputer. Yang perlu dingat kembali adalah nama file tersebut harus unik (artinya tidak ada nama file yang sama sebelumnya), baik untuk file yang sudah eksis atau yang akan dibuat.

Data yang dibutuhkan pembuatan File Data baru adalah:

a.    Identitas perusahaan, meliputi : nama perusahaan, nomor registrasi, alamat perusahaan, nomor telepon, nomor fax dan alamat e-mail. Kolom yang wajib diisi adalah nama perusahaan, kolom yang lain boleh dikosongkan.

 

Gambar 1 2 Identitas perusahaan

b.    Periode akuntansi, yang meliputi: tahun periode berjalan, bulan akhir periode, bulan konversi , dan jumlah bulan dalam periode.


 

 

 

Gambar 1 3 Periode Akuntansi

c.    Teknik pembuatan daftar akun. Pada tahap ini akan digunakan cara yang kedua, yaitu mengimport daftar akun yang sudah dipersiapkan oleh perusahaan sebelumnya. Nama File dan Folder tempat penyimpanan file tersebut.Berikut contoh pemberian nama file dan folder.

 

Gambar 1 4 Penyimpanan file

2.    Menyusun daftar akun.

Program MYOB menyediakan tiga pilihan untuk pembuatan daftar akun:

a.    Memilih salah satu yang disediakan oleh MYOB

b.    Mengimport daftar akun

c.    Membuat atau mengetik daftar akun sendiri

 

Dalam pembelajaran kali ini akan dipraktekkan opsi (b) yaitu mengimport daftar akun. Untuk itu anda harus mempunyai file daftar akun dalam bentuk text file (tab delimeted) yang sudah tersimpan di komputer anda.


 

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengimport daftar akun adalah memilih menu File > Import Data > Account > Account Information dan field-field daftar akun harus mengikuti format dalam MYOB.

2-3.gif

 

Gambar 1 5 Elemen daftar akun

3.    Menyusun hubungan akun.

Program MYOB secara default sudah membuat hubungan akun (linked accounts) untuk beberapa akun, Sebagai contoh akun Cheque Account akan berhubungan dengan Trade Debtors. Linked Account ini dapat diubah atau diset kembali jika diperlukan. Berikut ini seting Linked Account untuk transaksi Banking, Sales, Purchases dan Payroll.

a.   



9-2.gif

Linked accounts untuk Banking

 

Gambar 1 6 Linked Accounts – Banking


 

 

b.   



9-4.gif

Linked accounts untuk Sales

 

Gambar 1 7 Linked accounts - Sales

c.   



9-6.gif

Linked accounts untuk Purchases

Gambar 1 8 Linked accounts - Purchases

d.   



9-8.gif

Linked accounts untuk Payroll

Gambar 1 9 Linked accounts - Payrolls


 

 

4.    Mengentri neraca awal pada akun buku besar

Entri neraca awal pada akun buku besar dilakukan pada saat konversi ke sistem baru. Jika bulan konversi sama dengan bulan awal periode akuntansi maka hanya bisa dientri saldo-saldo dari akun-akun neraca. Apabila bulan konversi tidak sama dengan bulan awal periode akuntansi maka bisa dientri saldo-saldo dari akun neraca dan akun laba-rugi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam entri saldo awal akun buku besar:

a.      Melalui menu Setup > Balances > Account Opening Balances.

b.      Jika nilai akun Historical Balancing = 0, ini berarti bahwa total akun- akun assets seimbang dengan total akun-akun Liability dan Equity. Jika nilai akun Historical Balancing 0, ini berarti bahwa telah terjadi ketidak-seimbangan antara total assets dengan total Liability dan Equity.

c.      Akun-akun kontra dientri dengan tanda ”–” (minus). Yang termasuk akun kontra: Allowance for Doubtful Debts, Fixed Assets Accumulation Depresiation, Owner’s Drawing, Other Contra Account.

2-5.gif

 

Gambar 1 10 Daftar Saldo - Neraca Awal


 

 

5.    Mengentri saldo-saldo pada kartu piutang/hutang

Kartu piutang berisi informasi tentang customer, meliputi identitas, history dan data lain. Kartu piutang ini berfungsi sebagai buku pembantu tempat mencatat mutasi (penambahan, pengurangan dan saldo) piutang dagang sebagai akibat dari transaksi penjualan atau pelunasan piutang.Berikut contoh kartu piutang atau customer card dan cara pengisian saldo awalnya.

5-4.gif

 



5-17.gif

Gambar 1 11 Profile – Kartu Piutang

 

Gambar 1 12 Entri Saldo – Kartu Piutang

 

 

Sedangkan kartu hutang berisi informasi tentang supplier, meliputi identitas, history, dan juga data lainnya. Kartu utang ini berfungsi sebagai buku pembantu tempat mencatat mutasi (penambahan dan pengurangan) utang sebagai akibat dari transaksi pembelian atau pembayaran utang.


 

 

Berikut contoh kartu hutang atau supplier card dan cara pengisian saldo awalnya.

5-9.gif

 

Gambar 1 13 Profile – Kartu Hutang

 



5-17.gif

 

Gambar 1 14 Entri Saldo – Kartu Hutang

 

 

6.    Mengentri saldo-saldo pada kartu persediaan.

Kartu item persediaan berfungsi sebagai buku pembantu pada akun persediaan, yaitu tempat pencatatan saldo awal dan keluar masuknya setiap item persediaan. Kartu persedian ini amat penting bagi perusahaan manufaktur yang mempunyai berbagai jenis item persediaan, seperti bahan baku/bahan penolong dan barang jadi. Dalam pembuatan kartu item persediaan untuk kelompok bahan baku atau bahan penolong akan ditentukan item tersebut akan dibeli, di dibuat persediaan tetapi tidak


 

 

untuk dijual. Sedangkan untuk kelompok barang jadi ditentukan item tersebut tidak akan dibeli, dibuat inventorinya dan akan dijual.

Gambar berikut ini akan memperlihatkan seting untuk item persediaan bahan baku/penolong:

6-2.gif

 

Gambar 1 15 Profile – Kartu Persediaan Bahan Baku

Gambar berikut ini akan memperlihatkan seting untuk item persediaan untuk kelompok barang Jadi:

6-10.gif

 

Gambar 1 16 Profile – Kartu Persediaan Barang Jadi

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan kartu item persediaan bahwa satu kartu untuk mencatat satu item persediaan dan linked- accounts harus diset secara benar agar dapat diproses secara tepat.

MYOB menyediakan menu Command Centre Inventory > Adjust Inventory yang digunakan untuk mengentri saldo setiap item persediaan.


 

 

7-9.gif

 

Gambar 1 17 Entri Saldo – Kartu Persediaan

7.    Membuat job list departemen produksi.

Proses produksi pada perusahaan manufaktur pada umumnya berjalan melewati beberapa departemen (lebih dari satu). MYOB menyediakan menu Lists > Jobs untuk pembuatan departemen. Pertama Saudara buat Header untuk Jobs dan kemudian lengkapi Details untuk tiap Jobs.

7-3.gif

 



7-4.gif

Gambar 1 18 Header - Departemen

Gambar 1 19 Details – Departemen


 

 

8.    Memeriksa kebenaran data akuntansi.

Program MYOB menyediakan menu Command Centre Accounts>Company Data Auditor yang dapat memeriksa secara otomatis kebenaran data yang telah dientri ke dalam komputer.Saudara pilih Transaction Review dan klik Run Review untuk pengecekan data yang telah dientri.

8-3.gif

 

Gambar 1 20 Company Data Auditor Hasilnya akan diinformasikan seperti dalam gambar berikut:

8-4.gif

 

Gambar 1 21 Run Transaction Review


 

 

 

 

 

Dalam aktivitas pembelajaran ini Saudara diminta memahami lebih dahulu kasus CV. Jayadwipa di Lampiran 1, kemudian dengan membaca bahan rujukan atau literatur yang relevan, Saudara di minta menyelesaikan aktivitas-aktivitas berikut:

Aktivitas 1.1. Membuat file data akuntansi.

                membuat file data akuntansi.

                memberi nama file dan folder

 

Aktivitas 1.2. Mengimpor daftar akun.

                    mengimpordaftar akun.

                    menata daftar akun

 

Aktivitas 1.3. Menyusun hubungan akun (linked accounts).

                      menyusun hubungan akun untuk banking

                      menyusun hubungan akun untuk sales

                      menyusun hubungan akun untuk purchases

                      menyusun hubungan akun untuk payroll

 

Aktivitas 1.4. Mengentri Data Neraca Awal pada Akun Buku Besar

1.4.1.       mengentri data neraca awal pada akun buku besar.

 

Aktivitas 1.5. Mengentri saldo-saldo pada kartu piutang/hutang

                      membuat kartu piutang/hutang.

                      mengentri saldo-saldo kartu piutang/hutang

 

Aktivitas 1.6. Mengentri saldo-saldo pada kartu persediaan.

                      membuat kartu persediaan.

                      mengentri saldo-saldo kartu persediaan

 

Aktivitas 1.7.Membuat Job List Departemen produksi.

1.7.1.       membuat job list departmen produksi.

 

Aktivitas 1.8. Memeriksa kebenaran data akuntansi

1.8.1.       memeriksa kebenaran data akuntansi


 

 

Soal Pilihan Ganda.

1.    Kolom informasi perusahaan yang harus diisi (tidak boleh kosong)

 

adalah ….

a.      Serial Number

b.      Company Name

c.      Address

d.      Phone and fax number

2.    Yang dimaksud dengan Conversion Month adalah ….

 

a.    Bulan saat terjadinya penutupan buku

b.    Bulan saat perpindahan ke komputer akuntansi

c.    Bulan awal periode akuntansi yang berjalan

d.    Bulan pergantian periode akuntansi

3.    Tipe file daftar akun berikut ini yang bisa bisa dimport adalah ….

 

a.    Daftar_Akun_CVJdwipa.xls

b.    Daftar_Akun_CVJdwipa.doc

c.    Daftar_Akun_CVJdwipa.txt

d.    Daftar_Akun_CVJdwipa.jpg

4.    Pada seting Linked account untuk Sales, dipertanyakan dua hal, (1) Asset account for tracking receivable: ….. dan Bank Account for Customer Receipts: ….. Jawaban yang akan Saudara isikan sesuai dengan urutannya adalah ….

a.    Kas di Bank dan Piutang Dagang.

b.    Kas di Bank dan Penjualan.

c.    Piutang Dagang dan Kas di Bank

d.    Penjualan dan Kas di Bank

5.    Yang termasuk dalam kelompok akun kontra di bawah ini adalah ….

 

a.    Kerugian Piutang Tidak Tertagih.

b.    Depresiasi Mesin Pabrik

c.    Cadangan kerugian Piutang

d.    Selisih Kas


 

 

6.    Dalam tab Selling Details padaKartu Piutang terdapat kolom Income Account, pilih akun mana yang paling cocok untuk diisikan di kolom tersebut:

a.    Piutang Dagang

b.    Persediaan Barang

c.    Penjualan

d.    Kas di Bank

7.    Saudara akan mengentri term of payment 2/10, n/30 dalam tab Buying Details pada Kartu Hutang. Maka pilihan format term of payment yang paling cocok untuk kasus di atas adalah

a.    # of Days after EOM.

b.    On a Day of the month.

c.    Day of the month ofter EOM.

d.    In a Given # of Days.

8.    Dalam profile Kartu Persediaan (Inventory Card) terdapat tiga kriteria penting untuk setiap item persediaan yaitu (1). I Buy This Item; (2). Isell This Item dan (3). I Inventory This Item. Kriteria manakah yang akan Saudara ini untuk item persediaan Bahan Baku

a.    Kriteria (1).

b.    Kriteria (1), (2).

c.    Kriteria (1), (3).

d. Kriteria (1), (2), (3).

9.    Fitur MYOB yang manakah yang dapat digunakan untuk mengentri Kode dan Nama Departemen

a.    File > Activities

b.    File > Jobs.

c.    Lists > Activities.

d.    Lists > Jobs.

10.  Pengecekan kebenaran entri data awal pada MYOB dapat dilakukan dengan memilih menu Command Centre Accounts > Company Data Auditor dan satu pilihan menu lagi yaitu ….

a.    Company File Overview

b.    Account Reconciliation

c.    Transaction Review

d.    Tax Exception Review


 

 

 

 

 

 

Komputer Akuntansi adalah suatu proses pemanfaatanteknologi komputer untuk mengerjakan segala pekerjaanyang berkaitan dengan akuntansi dan didukung oleh perkembangan software yang mempermudah dan mempercepat proses tersebut. Salah satu software komputer akuntansi yang populer dan banyak digunakan oleh perusahaan adalah MYOB AccountRight Plus v19.

Terdapat serangkaian prosedur yang diperlukan untuk men-setup data awal ke dalam sistem komputer akuntansi. Langkah pertama setelah menginstall program dan menyesuaikan sistem regional adalah pembuatan file data akuntansi baru.File in sangat diperlukan untuk menyimpan seluruh data yang dientri ke dalam komputer. Selanjutnya menyusun daftar akun dan menyesuaikan kembali hubungan antar akun (linked accounts) yang terkait dengan transaksi banking, sales, purchases dan payrolls.

Kegiatan berikutnya yang perlu dilaksanakan adalah mengentri saldo-saldo akun yang didasarkan pada data neraca awal. Kemudian mengentri saldo- saldo kartu piutang, kartu hutang dan kartu persediaan. Karena yang sedang dipelajari akuntansi perusahaan manufaktur, maka dalam pembuatan kartu persediaan perlu diperhatikan pembuatan kartu dan pengisian saldo-saldo untuk bahan baku, bahan penolong dan barang jadi. Dalam proses produksi, barang dalam proses akan berjalan dari departemen satu ke departemen berikutnya. Maka perlu diperhatikan pembuatan kode dan nama departemen menggunakan fitur-fitur yang ada dalam program MYOB. Terakhir MYOB juga menyediakan fitur Company Data Auditor untuk mengecek kebenaran data yang telah diinput ke dalam sistem komputer akuntansi.


 

 

Text Box: G. Text Box: Umpan Balik dan Tindak Lanjut

 

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1

Pemahaman apa yang Saudara peroleh

setelah mempelajari pada kegiatan belajar 1, tentang Melakukan Setup Awal?

 

2

Hal penting    apa yang bisa Saudara catat

setelah mempelajari materi pembelajaran 1, tentang Melakukan Setup Awal?

 

3

Rencana tindak lanjut apakah yang akan Saudara lakukan di sekolah?

 

4

Pesan penting apa yang Saudara rekomendasikan untuk pengembangan kegiatan pembelajaran 1.

 


v

Kegiatan Pembelajaran 1 Melakukan Setup Awal

 

 




 

 




 


 

 

 

 

1.    Pembuatan file data akuntansi

MYOB merupakan salah satu program aplikasi komputer akuntansi yang berbasis Windows. Ada beberapa versi MYOB yang tersedia di masyarakat, tetapi versi yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah AccountRight Plus for Windows versi 19.6.1 yang dirilis oleh MYOB Australia. Pastikan bahwa program ini telah diinstal terlebih dahulu di komputer anda. Langkah awal sebelum mengoperasikan MYOB, adalah pengecekan bahwa simbol mata uang dan seting tanggal sudah sesuai dengan sistem Indonesia.

File data bisnis adalah file yang digunakan oleh MYOB untuk menyimpan seluruh data yang dientri ke komputer. Yang perlu dingat kembali adalah nama file tersebut harus unik (artinya tidak ada nama file yang sama sebelumnya), baik untuk file yang sudah eksis atau yang akan dibuat.

Data yang dibutuhkan pembuatan File Data baru adalah:

a.    Identitas perusahaan, meliputi : nama perusahaan, nomor registrasi, alamat perusahaan, nomor telepon, nomor fax dan alamat e-mail. Kolom yang wajib diisi adalah nama perusahaan, kolom yang lain boleh dikosongkan.

 

Gambar 1 2 Identitas perusahaan

b.    Periode akuntansi, yang meliputi: tahun periode berjalan, bulan akhir periode, bulan konversi , dan jumlah bulan dalam periode.


 

 

 

Gambar 1 3 Periode Akuntansi

c.    Teknik pembuatan daftar akun. Pada tahap ini akan digunakan cara yang kedua, yaitu mengimport daftar akun yang sudah dipersiapkan oleh perusahaan sebelumnya. Nama File dan Folder tempat penyimpanan file tersebut.Berikut contoh pemberian nama file dan folder.

 

Gambar 1 4 Penyimpanan file

2.    Menyusun daftar akun.

Program MYOB menyediakan tiga pilihan untuk pembuatan daftar akun:

a.    Memilih salah satu yang disediakan oleh MYOB

b.    Mengimport daftar akun

c.    Membuat atau mengetik daftar akun sendiri

 

Dalam pembelajaran kali ini akan dipraktekkan opsi (b) yaitu mengimport daftar akun. Untuk itu anda harus mempunyai file daftar akun dalam bentuk text file (tab delimeted) yang sudah tersimpan di komputer anda.


 

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengimport daftar akun adalah memilih menu File > Import Data > Account > Account Information dan field-field daftar akun harus mengikuti format dalam MYOB.

2-3.gif

 

Gambar 1 5 Elemen daftar akun

3.    Menyusun hubungan akun.

Program MYOB secara default sudah membuat hubungan akun (linked accounts) untuk beberapa akun, Sebagai contoh akun Cheque Account akan berhubungan dengan Trade Debtors. Linked Account ini dapat diubah atau diset kembali jika diperlukan. Berikut ini seting Linked Account untuk transaksi Banking, Sales, Purchases dan Payroll.

a.   



9-2.gif

Linked accounts untuk Banking

 

Gambar 1 6 Linked Accounts – Banking


 

 

b.   



9-4.gif

Linked accounts untuk Sales

 

Gambar 1 7 Linked accounts - Sales

c.   



9-6.gif

Linked accounts untuk Purchases

Gambar 1 8 Linked accounts - Purchases

d.   



9-8.gif

Linked accounts untuk Payroll

Gambar 1 9 Linked accounts - Payrolls


 

 

4.    Mengentri neraca awal pada akun buku besar

Entri neraca awal pada akun buku besar dilakukan pada saat konversi ke sistem baru. Jika bulan konversi sama dengan bulan awal periode akuntansi maka hanya bisa dientri saldo-saldo dari akun-akun neraca. Apabila bulan konversi tidak sama dengan bulan awal periode akuntansi maka bisa dientri saldo-saldo dari akun neraca dan akun laba-rugi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam entri saldo awal akun buku besar:

a.      Melalui menu Setup > Balances > Account Opening Balances.

b.      Jika nilai akun Historical Balancing = 0, ini berarti bahwa total akun- akun assets seimbang dengan total akun-akun Liability dan Equity. Jika nilai akun Historical Balancing 0, ini berarti bahwa telah terjadi ketidak-seimbangan antara total assets dengan total Liability dan Equity.

c.      Akun-akun kontra dientri dengan tanda ”–” (minus). Yang termasuk akun kontra: Allowance for Doubtful Debts, Fixed Assets Accumulation Depresiation, Owner’s Drawing, Other Contra Account.

2-5.gif

 

Gambar 1 10 Daftar Saldo - Neraca Awal


 

 

5.    Mengentri saldo-saldo pada kartu piutang/hutang

Kartu piutang berisi informasi tentang customer, meliputi identitas, history dan data lain. Kartu piutang ini berfungsi sebagai buku pembantu tempat mencatat mutasi (penambahan, pengurangan dan saldo) piutang dagang sebagai akibat dari transaksi penjualan atau pelunasan piutang.Berikut contoh kartu piutang atau customer card dan cara pengisian saldo awalnya.

5-4.gif

 



5-17.gif

Gambar 1 11 Profile – Kartu Piutang

 

Gambar 1 12 Entri Saldo – Kartu Piutang

 

 

Sedangkan kartu hutang berisi informasi tentang supplier, meliputi identitas, history, dan juga data lainnya. Kartu utang ini berfungsi sebagai buku pembantu tempat mencatat mutasi (penambahan dan pengurangan) utang sebagai akibat dari transaksi pembelian atau pembayaran utang.


 

 

Berikut contoh kartu hutang atau supplier card dan cara pengisian saldo awalnya.

5-9.gif

 

Gambar 1 13 Profile – Kartu Hutang

 



5-17.gif

 

Gambar 1 14 Entri Saldo – Kartu Hutang

 

 

6.    Mengentri saldo-saldo pada kartu persediaan.

Kartu item persediaan berfungsi sebagai buku pembantu pada akun persediaan, yaitu tempat pencatatan saldo awal dan keluar masuknya setiap item persediaan. Kartu persedian ini amat penting bagi perusahaan manufaktur yang mempunyai berbagai jenis item persediaan, seperti bahan baku/bahan penolong dan barang jadi. Dalam pembuatan kartu item persediaan untuk kelompok bahan baku atau bahan penolong akan ditentukan item tersebut akan dibeli, di dibuat persediaan tetapi tidak


 

 

untuk dijual. Sedangkan untuk kelompok barang jadi ditentukan item tersebut tidak akan dibeli, dibuat inventorinya dan akan dijual.

Gambar berikut ini akan memperlihatkan seting untuk item persediaan bahan baku/penolong:

6-2.gif

 

Gambar 1 15 Profile – Kartu Persediaan Bahan Baku

Gambar berikut ini akan memperlihatkan seting untuk item persediaan untuk kelompok barang Jadi:

6-10.gif

 

Gambar 1 16 Profile – Kartu Persediaan Barang Jadi

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan kartu item persediaan bahwa satu kartu untuk mencatat satu item persediaan dan linked- accounts harus diset secara benar agar dapat diproses secara tepat.

MYOB menyediakan menu Command Centre Inventory > Adjust Inventory yang digunakan untuk mengentri saldo setiap item persediaan.


 

 

7-9.gif

 

Gambar 1 17 Entri Saldo – Kartu Persediaan

7.    Membuat job list departemen produksi.

Proses produksi pada perusahaan manufaktur pada umumnya berjalan melewati beberapa departemen (lebih dari satu). MYOB menyediakan menu Lists > Jobs untuk pembuatan departemen. Pertama Saudara buat Header untuk Jobs dan kemudian lengkapi Details untuk tiap Jobs.

7-3.gif

 



7-4.gif

Gambar 1 18 Header - Departemen

Gambar 1 19 Details – Departemen


 

 

8.    Memeriksa kebenaran data akuntansi.

Program MYOB menyediakan menu Command Centre Accounts>Company Data Auditor yang dapat memeriksa secara otomatis kebenaran data yang telah dientri ke dalam komputer.Saudara pilih Transaction Review dan klik Run Review untuk pengecekan data yang telah dientri.

8-3.gif

 

Gambar 1 20 Company Data Auditor Hasilnya akan diinformasikan seperti dalam gambar berikut:

8-4.gif

 

Gambar 1 21 Run Transaction Review


 

 

 

 

 

Dalam aktivitas pembelajaran ini Saudara diminta memahami lebih dahulu kasus CV. Jayadwipa di Lampiran 1, kemudian dengan membaca bahan rujukan atau literatur yang relevan, Saudara di minta menyelesaikan aktivitas-aktivitas berikut:

Aktivitas 1.1. Membuat file data akuntansi.

                membuat file data akuntansi.

                memberi nama file dan folder

 

Aktivitas 1.2. Mengimpor daftar akun.

                    mengimpordaftar akun.

                    menata daftar akun

 

Aktivitas 1.3. Menyusun hubungan akun (linked accounts).

                      menyusun hubungan akun untuk banking

                      menyusun hubungan akun untuk sales

                      menyusun hubungan akun untuk purchases

                      menyusun hubungan akun untuk payroll

 

Aktivitas 1.4. Mengentri Data Neraca Awal pada Akun Buku Besar

1.4.1.       mengentri data neraca awal pada akun buku besar.

 

Aktivitas 1.5. Mengentri saldo-saldo pada kartu piutang/hutang

                      membuat kartu piutang/hutang.

                      mengentri saldo-saldo kartu piutang/hutang

 

Aktivitas 1.6. Mengentri saldo-saldo pada kartu persediaan.

                      membuat kartu persediaan.

                      mengentri saldo-saldo kartu persediaan

 

Aktivitas 1.7.Membuat Job List Departemen produksi.

1.7.1.       membuat job list departmen produksi.

 

Aktivitas 1.8. Memeriksa kebenaran data akuntansi

1.8.1.       memeriksa kebenaran data akuntansi


 

 

Soal Pilihan Ganda.

1.    Kolom informasi perusahaan yang harus diisi (tidak boleh kosong)

 

adalah ….

a.      Serial Number

b.      Company Name

c.      Address

d.      Phone and fax number

2.    Yang dimaksud dengan Conversion Month adalah ….

 

a.    Bulan saat terjadinya penutupan buku

b.    Bulan saat perpindahan ke komputer akuntansi

c.    Bulan awal periode akuntansi yang berjalan

d.    Bulan pergantian periode akuntansi

3.    Tipe file daftar akun berikut ini yang bisa bisa dimport adalah ….

 

a.    Daftar_Akun_CVJdwipa.xls

b.    Daftar_Akun_CVJdwipa.doc

c.    Daftar_Akun_CVJdwipa.txt

d.    Daftar_Akun_CVJdwipa.jpg

4.    Pada seting Linked account untuk Sales, dipertanyakan dua hal, (1) Asset account for tracking receivable: ….. dan Bank Account for Customer Receipts: ….. Jawaban yang akan Saudara isikan sesuai dengan urutannya adalah ….

a.    Kas di Bank dan Piutang Dagang.

b.    Kas di Bank dan Penjualan.

c.    Piutang Dagang dan Kas di Bank

d.    Penjualan dan Kas di Bank

5.    Yang termasuk dalam kelompok akun kontra di bawah ini adalah ….

 

a.    Kerugian Piutang Tidak Tertagih.

b.    Depresiasi Mesin Pabrik

c.    Cadangan kerugian Piutang

d.    Selisih Kas


 

 

6.    Dalam tab Selling Details padaKartu Piutang terdapat kolom Income Account, pilih akun mana yang paling cocok untuk diisikan di kolom tersebut:

a.    Piutang Dagang

b.    Persediaan Barang

c.    Penjualan

d.    Kas di Bank

7.    Saudara akan mengentri term of payment 2/10, n/30 dalam tab Buying Details pada Kartu Hutang. Maka pilihan format term of payment yang paling cocok untuk kasus di atas adalah

a.    # of Days after EOM.

b.    On a Day of the month.

c.    Day of the month ofter EOM.

d.    In a Given # of Days.

8.    Dalam profile Kartu Persediaan (Inventory Card) terdapat tiga kriteria penting untuk setiap item persediaan yaitu (1). I Buy This Item; (2). Isell This Item dan (3). I Inventory This Item. Kriteria manakah yang akan Saudara ini untuk item persediaan Bahan Baku

a.    Kriteria (1).

b.    Kriteria (1), (2).

c.    Kriteria (1), (3).

d. Kriteria (1), (2), (3).

9.    Fitur MYOB yang manakah yang dapat digunakan untuk mengentri Kode dan Nama Departemen

a.    File > Activities

b.    File > Jobs.

c.    Lists > Activities.

d.    Lists > Jobs.

10.  Pengecekan kebenaran entri data awal pada MYOB dapat dilakukan dengan memilih menu Command Centre Accounts > Company Data Auditor dan satu pilihan menu lagi yaitu ….

a.    Company File Overview

b.    Account Reconciliation

c.    Transaction Review

d.    Tax Exception Review


 

 

 

 

 

 

Komputer Akuntansi adalah suatu proses pemanfaatanteknologi komputer untuk mengerjakan segala pekerjaanyang berkaitan dengan akuntansi dan didukung oleh perkembangan software yang mempermudah dan mempercepat proses tersebut. Salah satu software komputer akuntansi yang populer dan banyak digunakan oleh perusahaan adalah MYOB AccountRight Plus v19.

Terdapat serangkaian prosedur yang diperlukan untuk men-setup data awal ke dalam sistem komputer akuntansi. Langkah pertama setelah menginstall program dan menyesuaikan sistem regional adalah pembuatan file data akuntansi baru.File in sangat diperlukan untuk menyimpan seluruh data yang dientri ke dalam komputer. Selanjutnya menyusun daftar akun dan menyesuaikan kembali hubungan antar akun (linked accounts) yang terkait dengan transaksi banking, sales, purchases dan payrolls.

Kegiatan berikutnya yang perlu dilaksanakan adalah mengentri saldo-saldo akun yang didasarkan pada data neraca awal. Kemudian mengentri saldo- saldo kartu piutang, kartu hutang dan kartu persediaan. Karena yang sedang dipelajari akuntansi perusahaan manufaktur, maka dalam pembuatan kartu persediaan perlu diperhatikan pembuatan kartu dan pengisian saldo-saldo untuk bahan baku, bahan penolong dan barang jadi. Dalam proses produksi, barang dalam proses akan berjalan dari departemen satu ke departemen berikutnya. Maka perlu diperhatikan pembuatan kode dan nama departemen menggunakan fitur-fitur yang ada dalam program MYOB. Terakhir MYOB juga menyediakan fitur Company Data Auditor untuk mengecek kebenaran data yang telah diinput ke dalam sistem komputer akuntansi.


 

 

Text Box: G. Text Box: Umpan Balik dan Tindak Lanjut

 

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1

Pemahaman apa yang Saudara peroleh

setelah mempelajari pada kegiatan belajar 1, tentang Melakukan Setup Awal?

 

2

Hal penting    apa yang bisa Saudara catat

setelah mempelajari materi pembelajaran 1, tentang Melakukan Setup Awal?

 

3

Rencana tindak lanjut apakah yang akan Saudara lakukan di sekolah?

 

4

Pesan penting apa yang Saudara rekomendasikan untuk pengembangan kegiatan pembelajaran 1.

 


Kegiatan Pembelajaran 1 Melakukan Setup Awal

 

 




 

 




 


 

 

 

 

1.    Pembuatan file data akuntansi

MYOB merupakan salah satu program aplikasi komputer akuntansi yang berbasis Windows. Ada beberapa versi MYOB yang tersedia di masyarakat, tetapi versi yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah AccountRight Plus for Windows versi 19.6.1 yang dirilis oleh MYOB Australia. Pastikan bahwa program ini telah diinstal terlebih dahulu di komputer anda. Langkah awal sebelum mengoperasikan MYOB, adalah pengecekan bahwa simbol mata uang dan seting tanggal sudah sesuai dengan sistem Indonesia.

File data bisnis adalah file yang digunakan oleh MYOB untuk menyimpan seluruh data yang dientri ke komputer. Yang perlu dingat kembali adalah nama file tersebut harus unik (artinya tidak ada nama file yang sama sebelumnya), baik untuk file yang sudah eksis atau yang akan dibuat.

Data yang dibutuhkan pembuatan File Data baru adalah:

a.    Identitas perusahaan, meliputi : nama perusahaan, nomor registrasi, alamat perusahaan, nomor telepon, nomor fax dan alamat e-mail. Kolom yang wajib diisi adalah nama perusahaan, kolom yang lain boleh dikosongkan.

 

Gambar 1 2 Identitas perusahaan

b.    Periode akuntansi, yang meliputi: tahun periode berjalan, bulan akhir periode, bulan konversi , dan jumlah bulan dalam periode.


 

 

 

Gambar 1 3 Periode Akuntansi

c.    Teknik pembuatan daftar akun. Pada tahap ini akan digunakan cara yang kedua, yaitu mengimport daftar akun yang sudah dipersiapkan oleh perusahaan sebelumnya. Nama File dan Folder tempat penyimpanan file tersebut.Berikut contoh pemberian nama file dan folder.

 

Gambar 1 4 Penyimpanan file

2.    Menyusun daftar akun.

Program MYOB menyediakan tiga pilihan untuk pembuatan daftar akun:

a.    Memilih salah satu yang disediakan oleh MYOB

b.    Mengimport daftar akun

c.    Membuat atau mengetik daftar akun sendiri

 

Dalam pembelajaran kali ini akan dipraktekkan opsi (b) yaitu mengimport daftar akun. Untuk itu anda harus mempunyai file daftar akun dalam bentuk text file (tab delimeted) yang sudah tersimpan di komputer anda.


 

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengimport daftar akun adalah memilih menu File > Import Data > Account > Account Information dan field-field daftar akun harus mengikuti format dalam MYOB.

2-3.gif

 

Gambar 1 5 Elemen daftar akun

3.    Menyusun hubungan akun.

Program MYOB secara default sudah membuat hubungan akun (linked accounts) untuk beberapa akun, Sebagai contoh akun Cheque Account akan berhubungan dengan Trade Debtors. Linked Account ini dapat diubah atau diset kembali jika diperlukan. Berikut ini seting Linked Account untuk transaksi Banking, Sales, Purchases dan Payroll.

a.   



9-2.gif

Linked accounts untuk Banking

 

Gambar 1 6 Linked Accounts – Banking


 

 

b.   



9-4.gif

Linked accounts untuk Sales

 

Gambar 1 7 Linked accounts - Sales

c.   



9-6.gif

Linked accounts untuk Purchases

Gambar 1 8 Linked accounts - Purchases

d.   



9-8.gif

Linked accounts untuk Payroll

Gambar 1 9 Linked accounts - Payrolls


 

 

4.    Mengentri neraca awal pada akun buku besar

Entri neraca awal pada akun buku besar dilakukan pada saat konversi ke sistem baru. Jika bulan konversi sama dengan bulan awal periode akuntansi maka hanya bisa dientri saldo-saldo dari akun-akun neraca. Apabila bulan konversi tidak sama dengan bulan awal periode akuntansi maka bisa dientri saldo-saldo dari akun neraca dan akun laba-rugi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam entri saldo awal akun buku besar:

a.      Melalui menu Setup > Balances > Account Opening Balances.

b.      Jika nilai akun Historical Balancing = 0, ini berarti bahwa total akun- akun assets seimbang dengan total akun-akun Liability dan Equity. Jika nilai akun Historical Balancing 0, ini berarti bahwa telah terjadi ketidak-seimbangan antara total assets dengan total Liability dan Equity.

c.      Akun-akun kontra dientri dengan tanda ”–” (minus). Yang termasuk akun kontra: Allowance for Doubtful Debts, Fixed Assets Accumulation Depresiation, Owner’s Drawing, Other Contra Account.

2-5.gif

 

Gambar 1 10 Daftar Saldo - Neraca Awal


 

 

5.    Mengentri saldo-saldo pada kartu piutang/hutang

Kartu piutang berisi informasi tentang customer, meliputi identitas, history dan data lain. Kartu piutang ini berfungsi sebagai buku pembantu tempat mencatat mutasi (penambahan, pengurangan dan saldo) piutang dagang sebagai akibat dari transaksi penjualan atau pelunasan piutang.Berikut contoh kartu piutang atau customer card dan cara pengisian saldo awalnya.

5-4.gif

 



5-17.gif

Gambar 1 11 Profile – Kartu Piutang

 

Gambar 1 12 Entri Saldo – Kartu Piutang

 

 

Sedangkan kartu hutang berisi informasi tentang supplier, meliputi identitas, history, dan juga data lainnya. Kartu utang ini berfungsi sebagai buku pembantu tempat mencatat mutasi (penambahan dan pengurangan) utang sebagai akibat dari transaksi pembelian atau pembayaran utang.


 

 

Berikut contoh kartu hutang atau supplier card dan cara pengisian saldo awalnya.

5-9.gif

 

Gambar 1 13 Profile – Kartu Hutang

 



5-17.gif

 

Gambar 1 14 Entri Saldo – Kartu Hutang

 

 

6.    Mengentri saldo-saldo pada kartu persediaan.

Kartu item persediaan berfungsi sebagai buku pembantu pada akun persediaan, yaitu tempat pencatatan saldo awal dan keluar masuknya setiap item persediaan. Kartu persedian ini amat penting bagi perusahaan manufaktur yang mempunyai berbagai jenis item persediaan, seperti bahan baku/bahan penolong dan barang jadi. Dalam pembuatan kartu item persediaan untuk kelompok bahan baku atau bahan penolong akan ditentukan item tersebut akan dibeli, di dibuat persediaan tetapi tidak


 

 

untuk dijual. Sedangkan untuk kelompok barang jadi ditentukan item tersebut tidak akan dibeli, dibuat inventorinya dan akan dijual.

Gambar berikut ini akan memperlihatkan seting untuk item persediaan bahan baku/penolong:

6-2.gif

 

Gambar 1 15 Profile – Kartu Persediaan Bahan Baku

Gambar berikut ini akan memperlihatkan seting untuk item persediaan untuk kelompok barang Jadi:

6-10.gif

 

Gambar 1 16 Profile – Kartu Persediaan Barang Jadi

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan kartu item persediaan bahwa satu kartu untuk mencatat satu item persediaan dan linked- accounts harus diset secara benar agar dapat diproses secara tepat.

MYOB menyediakan menu Command Centre Inventory > Adjust Inventory yang digunakan untuk mengentri saldo setiap item persediaan.


 

 

7-9.gif

 

Gambar 1 17 Entri Saldo – Kartu Persediaan

7.    Membuat job list departemen produksi.

Proses produksi pada perusahaan manufaktur pada umumnya berjalan melewati beberapa departemen (lebih dari satu). MYOB menyediakan menu Lists > Jobs untuk pembuatan departemen. Pertama Saudara buat Header untuk Jobs dan kemudian lengkapi Details untuk tiap Jobs.

7-3.gif

 



7-4.gif

Gambar 1 18 Header - Departemen

Gambar 1 19 Details – Departemen


 

 

8.    Memeriksa kebenaran data akuntansi.

Program MYOB menyediakan menu Command Centre Accounts>Company Data Auditor yang dapat memeriksa secara otomatis kebenaran data yang telah dientri ke dalam komputer.Saudara pilih Transaction Review dan klik Run Review untuk pengecekan data yang telah dientri.

8-3.gif

 

Gambar 1 20 Company Data Auditor Hasilnya akan diinformasikan seperti dalam gambar berikut:

8-4.gif

 

Gambar 1 21 Run Transaction Review


 

 

 

 

 

Dalam aktivitas pembelajaran ini Saudara diminta memahami lebih dahulu kasus CV. Jayadwipa di Lampiran 1, kemudian dengan membaca bahan rujukan atau literatur yang relevan, Saudara di minta menyelesaikan aktivitas-aktivitas berikut:

Aktivitas 1.1. Membuat file data akuntansi.

                membuat file data akuntansi.

                memberi nama file dan folder

 

Aktivitas 1.2. Mengimpor daftar akun.

                    mengimpordaftar akun.

                    menata daftar akun

 

Aktivitas 1.3. Menyusun hubungan akun (linked accounts).

                      menyusun hubungan akun untuk banking

                      menyusun hubungan akun untuk sales

                      menyusun hubungan akun untuk purchases

                      menyusun hubungan akun untuk payroll

 

Aktivitas 1.4. Mengentri Data Neraca Awal pada Akun Buku Besar

1.4.1.       mengentri data neraca awal pada akun buku besar.

 

Aktivitas 1.5. Mengentri saldo-saldo pada kartu piutang/hutang

                      membuat kartu piutang/hutang.

                      mengentri saldo-saldo kartu piutang/hutang

 

Aktivitas 1.6. Mengentri saldo-saldo pada kartu persediaan.

                      membuat kartu persediaan.

                      mengentri saldo-saldo kartu persediaan

 

Aktivitas 1.7.Membuat Job List Departemen produksi.

1.7.1.       membuat job list departmen produksi.

 

Aktivitas 1.8. Memeriksa kebenaran data akuntansi

1.8.1.       memeriksa kebenaran data akuntansi


 

 

Soal Pilihan Ganda.

1.    Kolom informasi perusahaan yang harus diisi (tidak boleh kosong)

 

adalah ….

a.      Serial Number

b.      Company Name

c.      Address

d.      Phone and fax number

2.    Yang dimaksud dengan Conversion Month adalah ….

 

a.    Bulan saat terjadinya penutupan buku

b.    Bulan saat perpindahan ke komputer akuntansi

c.    Bulan awal periode akuntansi yang berjalan

d.    Bulan pergantian periode akuntansi

3.    Tipe file daftar akun berikut ini yang bisa bisa dimport adalah ….

 

a.    Daftar_Akun_CVJdwipa.xls

b.    Daftar_Akun_CVJdwipa.doc

c.    Daftar_Akun_CVJdwipa.txt

d.    Daftar_Akun_CVJdwipa.jpg

4.    Pada seting Linked account untuk Sales, dipertanyakan dua hal, (1) Asset account for tracking receivable: ….. dan Bank Account for Customer Receipts: ….. Jawaban yang akan Saudara isikan sesuai dengan urutannya adalah ….

a.    Kas di Bank dan Piutang Dagang.

b.    Kas di Bank dan Penjualan.

c.    Piutang Dagang dan Kas di Bank

d.    Penjualan dan Kas di Bank

5.    Yang termasuk dalam kelompok akun kontra di bawah ini adalah ….

 

a.    Kerugian Piutang Tidak Tertagih.

b.    Depresiasi Mesin Pabrik

c.    Cadangan kerugian Piutang

d.    Selisih Kas


 

 

6.    Dalam tab Selling Details padaKartu Piutang terdapat kolom Income Account, pilih akun mana yang paling cocok untuk diisikan di kolom tersebut:

a.    Piutang Dagang

b.    Persediaan Barang

c.    Penjualan

d.    Kas di Bank

7.    Saudara akan mengentri term of payment 2/10, n/30 dalam tab Buying Details pada Kartu Hutang. Maka pilihan format term of payment yang paling cocok untuk kasus di atas adalah

a.    # of Days after EOM.

b.    On a Day of the month.

c.    Day of the month ofter EOM.

d.    In a Given # of Days.

8.    Dalam profile Kartu Persediaan (Inventory Card) terdapat tiga kriteria penting untuk setiap item persediaan yaitu (1). I Buy This Item; (2). Isell This Item dan (3). I Inventory This Item. Kriteria manakah yang akan Saudara ini untuk item persediaan Bahan Baku

a.    Kriteria (1).

b.    Kriteria (1), (2).

c.    Kriteria (1), (3).

d. Kriteria (1), (2), (3).

9.    Fitur MYOB yang manakah yang dapat digunakan untuk mengentri Kode dan Nama Departemen

a.    File > Activities

b.    File > Jobs.

c.    Lists > Activities.

d.    Lists > Jobs.

10.  Pengecekan kebenaran entri data awal pada MYOB dapat dilakukan dengan memilih menu Command Centre Accounts > Company Data Auditor dan satu pilihan menu lagi yaitu ….

a.    Company File Overview

b.    Account Reconciliation

c.    Transaction Review

d.    Tax Exception Review


 

 

 

 

 

 

Komputer Akuntansi adalah suatu proses pemanfaatanteknologi komputer untuk mengerjakan segala pekerjaanyang berkaitan dengan akuntansi dan didukung oleh perkembangan software yang mempermudah dan mempercepat proses tersebut. Salah satu software komputer akuntansi yang populer dan banyak digunakan oleh perusahaan adalah MYOB AccountRight Plus v19.

Terdapat serangkaian prosedur yang diperlukan untuk men-setup data awal ke dalam sistem komputer akuntansi. Langkah pertama setelah menginstall program dan menyesuaikan sistem regional adalah pembuatan file data akuntansi baru.File in sangat diperlukan untuk menyimpan seluruh data yang dientri ke dalam komputer. Selanjutnya menyusun daftar akun dan menyesuaikan kembali hubungan antar akun (linked accounts) yang terkait dengan transaksi banking, sales, purchases dan payrolls.

Kegiatan berikutnya yang perlu dilaksanakan adalah mengentri saldo-saldo akun yang didasarkan pada data neraca awal. Kemudian mengentri saldo- saldo kartu piutang, kartu hutang dan kartu persediaan. Karena yang sedang dipelajari akuntansi perusahaan manufaktur, maka dalam pembuatan kartu persediaan perlu diperhatikan pembuatan kartu dan pengisian saldo-saldo untuk bahan baku, bahan penolong dan barang jadi. Dalam proses produksi, barang dalam proses akan berjalan dari departemen satu ke departemen berikutnya. Maka perlu diperhatikan pembuatan kode dan nama departemen menggunakan fitur-fitur yang ada dalam program MYOB. Terakhir MYOB juga menyediakan fitur Company Data Auditor untuk mengecek kebenaran data yang telah diinput ke dalam sistem komputer akuntansi.


 

 

Text Box: G. Text Box: Umpan Balik dan Tindak Lanjut

 

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1

Pemahaman apa yang Saudara peroleh

setelah mempelajari pada kegiatan belajar 1, tentang Melakukan Setup Awal?

 

2

Hal penting    apa yang bisa Saudara catat

setelah mempelajari materi pembelajaran 1, tentang Melakukan Setup Awal?

 

3

Rencana tindak lanjut apakah yang akan Saudara lakukan di sekolah?

 

4

Pesan penting apa yang Saudara rekomendasikan untuk pengembangan kegiatan pembelajaran 1.

 


0 komentar:

Posting Komentar